TUJUAN DAN SASARAN PEMBANGUNAN DAERAH

Artikel Add comments

Pembangunan yang baik adalah pembangunan yang dilakukan secara berkelanjutan. Artinya melanjutkan apa yang telah dibangun, membangun yang belum dibangun dan menambah bagian bagian baru sesuai kebutuhan nyata masyarakat. Prinsip pembangunan seperti ini yang perlu dilaksanakan dalam sebuah kepemimpinan di daerah. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kesinambungan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai dalam aktivitas pemerintahan dan pembangunan pada periode lima tahun sebelumnya, maka untuk memelihara serta melanjutkan aktivitas pemerintahan dan pembangunan dimaksud demi mencapai masyarakat daerah yang maju, mandiri, damai dan sejahtera, perlu ditetapkan Visi – Misi Pembangunan yang hendak dilaksanakan dalam periode lima tahun kepemimpinan pasangan yang terpilih sebagai Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah menjalankan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan dalam kurun waktu tersebut.

Visi-Misi yang ditetapkan hendaknya jelas sasaran yang hendak dibangun, sasaran yang dibangun itu dikehendaki menjadi apa setelah lima tahun baik dari sisi politik, ekonomi, sosial, dan budaya berazaskan nilai-nilai Pancasila “.

Tujuan pembangunan daerah pada dasarnya adalah untuk mensejahterakan rakyat dengan sasaran-sasaran yang jelas seperti : menanggulangi kemiskinan dan kelaparan, mencapai pendidikan dasar untuk semua anak usia sekolah, menurunkan angka kematian bayi dan anak, meningkatkan kesehatan ibu, memerangi HIV/AIDS, Malaria dan penyakit menular lainnya, mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, memastikan kelestarian lingkungan hidup untuk generasi masa depan, membangun kemitraan global untuk pembangunan daerah.

Sasaran prioritas pembangunan daerah yang hendak dicapai mencakup 5 bidang sasaran utama yang berhubungan dengan kebutuhan dasar manusia dan yang berdampak terhadap aspek pembangunan lainnya, yaitu : 1. terbangunnya infrastruktur daerah yang memadai; 2. terwujudnya pembangunan perekonomian rakyat yang kuat; 3. meningkatnya kualitas pelayanan kesehatan masyarakat yang terjangkau; 4. terlaksananya pemerataan dan kesempatan pendidikan bagi seluruh masyarakat luas; 5. terhimpunnya investasi modal bagi pembangunan daerah;

Disamping itu aspek penting dari sasaran prioritas di atas yang perlu mendapat perhatian secara khusus adalah : 1. terbangunya infrastruktur jaringan air bersih bagi masyarakat; 2. tercapainya perbaikan yang berarti dalam kehidupan penduduk ekonomi lemah/miskin di pemukiman kumuh dan daerah pinggiran; 3. terkendalinya penyebaran penyakit HIV/AIDS serta menurunya angka kematian ibu dan balita; 4. mengembalikan sumber daya lingkungan yang hilang melalui penghijauan; 5. terbangunya tata kepemerintahan yang baik dan bersih ( good government and clen governence ) dan 6. meningkatnya kualitas pelayanan publik oleh apartur pemerintah.

( arah, strategi, dan kebijakan pembangunan, bersambung dibagian tersendiri )

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Masuk log