Sambutan Serah Terima Jabatan Kepala Kantor Regional IX Badan Kepegawaian Negara Jayapura Kamis 9 Desember 2010

Sambutan Add comments

Yth. Kepala Badan Kepegawaian Negara, Bapak Dr. Edi Topo Ashari

Yth. Sekretaris Utama Badan Kepegawaian Negara, Bapak Drs. Edi Suyito, MSi

Ysh. Bapak-ibu para pejabat eselon II dan III dari Kantor Pusat BKN Jakarta

Ysh. Kepala Kantor Regional IX Jayapura yang Baru, Bapak Drs. Sumaryono, Msi berserta para pejabat eselon III dan IV serta seluruh staf

Ysh. Bapak Karel Urbinas, SE. BcAk, MSi, sebagai Sesepuh dan Senior Kepegawai di Tanah Papua.

Ysh. Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Latihan Daerah Provinsi Papua dan Kepala BKD Provinsi Papua Barat

Ysh, dan banggakan para Kepala BKD Kabupaten-Kota se-Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat

Assalammualaikum warakhmatulahi wabarakatuh…………………

Syaloom,………… Salam Sejahtera bagi kita sekalian.

Perkenankan saya pada hari ini Kamis, 9 Desember 2010, beridiri di sini……, dihadapan saudara sekalian untuk menyampaikan sepatah dua kata dalam acara serah terima jabatan Kepala Kantor Regional IX Jayapura dari saya kepada pejabat baru.

Saya dan keluarga menyampaikan terima kasih yang tak terhingga, kepada Kepala BKN Bapak Dr. Edi Topo Ashari atas kepercayaan yang diberikan kepada saya untuk memimpin Kantor Regional IX BKN Jayapura sejak 24 Juni 2008 hingga 30 April 2010 sebagai Kepala Kantor Regional IX ke-2, menggantikan dan meneruskan tugas pembinaan kepegawaian di Tanah Papua, yang telah dirintis oleh Bapak Karel Urbinas selaku Kakanreg IX BKN pertama. Saya menjadi pimpinan di kantor ini adalah salah satu bukti hasil pembinaan dalam bidang kepegawaian yang telah dilakukan oleh Bapak Karel Urbinas sejak lama beliau menjabat sebagai Kepala Biro Kepegawaian Propinsi Irian Jaya ketika itu dan rupanya saya juga sebagai salah satu dari kader kepegawaian disiapkan beliau.

Saya sadari sungguh, bahwa dalam tempo waktu 2 tahun bekerja, memimpin Kanreg IX BKN Jayapura belum banyak melakukan penataan dan pembinaan kepegawaian terhadap tugas-tugas kepegawaian bagi Pemerintah Kabupaten-Kota di wilayah kerja Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat sesuai Norma Standar dan Prosedur ( NSP ) kepegawaian yang berlaku secara nasional.

Penataan dan pembinaan kepegawaian di Tanah Papua, perlu keseriusan dari semua komponen kepegawaian, mulai BKD Kabupaten – Kota, BKD Provinsi dan Kanreg IX BKN, agar suatu ketika kitapun mampu memenuhi standar waktu, standar hasil kerja yang berkualitas sesuai NSP. Sebagai contoh : stsndar waktu penyelesaian UKP, Penyelesaian Penetapan NIP CPNS, Usul dan penetapan pensiun dll.

Bila beberapa saat lalu kita bekerja, menyelesaiaikan berbagai masalah kepegawaian dengan lebih banyak kebijakan didasari berbagai pertimbangan latar belakang ekonomi, sosial, budaya, dan politik akhirnya yang keputusan kembali ke BHN….. Bisikan Hati Nurani, maka saya berharap pada waktu yang akan datang kita di Tanah Papua juga sudah harus bekerja sesuai NSP kepegawaian yang berlaku secara nasional.

Pesan saya untuk teman-teman yang berkiprah dalam tugas pembinaan dan pelayanan kepegawaian :

1. Teman-teman di Kantor Regional IX BKN Jayapura

· Tingkatkan kinerja saudara masing-masing dalam menunaikan tugas, karena didalam tugas saudara/I terletak nasib dan kesejahteraan keluarga besar PNS yang bekerja di tanah Papua ini.

· Bantu Kepala Kantor, dengan hati yang tulus sesuai peran dan kedudukan saudara/I selaku PNS sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing.

2. Teman-teman pengelola kepegawaian dari kabupaten-kota dan provinsi

Saya juga kiranya tugas pokok dan fungsi sesuai peran dan kedudukan saudara/I selaku PNS di daerah, terus ditingkatkan dari waktu ke waktu, hindari sikap buruk dari pelayanan saudara/I, tunjukan sifat lemah lembut dalam tugas agar PNS di daerah saudara merasakan nikmatnya pelayanan di kepegawaian.

Saya bekerja sebagai PNS sesuai SK. Pengangkatan CPNS 1 Maret 1989, dan sejak tanggal 15 September 1989 saya masuk kerja dan ditempatkan pada Bagian Kepegawaian Setda Kabupaten Manokwari selama 15 Tahun menekuni tugas bidang kepegawaian di Kabupaten Manokwari.

Tanggal 14 Juli 2003 saya dilantik menjadi Kepala Biro Kepegawaian Setda Provinsi Irian Jaya Barat ( Papua Barat sekarang ) dan bekerja selama 5 Tahun hingga 24 Juni 2008. Selanjutnya tangal 24 Juni 2008 itu pula saya dilantik sebagai Kepala Kantor Regional IX Badan Kepegawaian Negara Jayapura, bekerja s/d 30 April 2010 diberhentikan dari Jabatan sebagai Kepala Kantor Regional IX atas permintaan sendiri untuk mengikuti pencalonan sebagai Calon Bupati Manokwari.

Sudah 22 Tahun saya menekuni tugas dibidang kepegawaian dan hari ini, saya harus mengakhiri tugas dari bidang ini.

Suka duka mengelola kepegawaian sudah kita jalani bersama, ada waktu kita tertawa ceria, ada pula waktu dimana kita juga takut dan gelisah, mengelola kepegawaian memang punya seni tersendiri.

Bila selama saya bekerja bersama saudara/I, melayani kebutuhan dan permintaan saudara/I dari kabupaten kota bahkan dari provinsi ada kekurangan, kehilapan, kesalahan saya mohon maaf sebesar-besarnya. Saya akan beralih ke bidang tugas lain yang belum pasti bagi saya,——— karena tergantung nasib dan garis hidup saya yang hanya Tuhan sajalah yang mengetahuinya.

Mohon doa restu bagi saya dan keluarga, demikian sambutan saya, terima kasih atas perhatiannya. Tuhan memberkati kita sekalian, amin…………….

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Masuk log