TRANSFORMASI KINERJA ORGANISASI PERUSAHAAN KE BIROKRASI PEMERINTAH

Artikel 446 Comments »

I. MASALAH

Diberbagai negara berkembang termasuk Indonesia, aktivitas pembangunan menyangkut kepentingan dan kebutuhan masyarakat umum lebih dominan dilaksanakan oleh organisasi pemerintah ( organisasi publik ). Untuk menjalankan fungsi pelayanan secara baik dan menyentuh kebutuhan pelanggannya, maka diperlukan dukungan berbagai unsur. Menurut saya unsur-unsur dimaksud adalah unsur prilaku organisasi yang baik, meliputi prilaku manusia baik individu maupun secara tim kerja, pengaturan dan mekanisme kerja seperti sistem, prosedur dan metode kerja dalam organisasi publik serta sarana pelayanan dan kualitas personilnya.

Read the rest of this entry »

OTONOMI DAERAH : SEBUAH MOMEN PENTING DALAM MENGANGKAT HARKAT DAN MARTABAT MASYARAKAT

Artikel 67 Comments »

Pembangunan nasional dan daerah / wilayah selama era orde baru lebih banyak dilakukan melalui pendekatan yang sentralisitik. Perencanaan, pelaksanaan dan pembagian hasil-hasil pembangunan bias kepada bidang/sektor pembangunan yang dianggap produktif secara ekonomi, yang lebih banyak menikmatinya justru pusat dan derah/wilayah sekitar pusat, dan pelaku ekonomi kuat lainnya (pengusaha menegah atau besar). Akibatnya terjadi ketimpangan perkembangan pembangunan dan distribusi hasil antar bidang/sektor pembangunan, antar daerah / wilayah, antar pelaku ekonomi dan kelompok masyarakat. Kenyataan tersebut telah menjadi penggerak utama munculnya tuntutan dari berbagai daerah / wilayah, pelaku ekonomi dan kelompok masyarakat yang merasa terpinggirkan dari pelaksanaan pembangun-an dan pembangian hasilnya. Kondisi ini telah mendorong lahirnya reformasi pada berbagai aspek kehidupan, terutama perubahan pendekatan pembangunan dari sentralisitik menjadi desentralistik.

Read the rest of this entry »

BIOGRAFIKU

Biografi 57 Comments »

Nataniel Dominggus Mandacan anak ke – 4 dari 14 orang bersaudara dari ayah Barendz Mandatjan ( Almarhum ) salah satu dari tiga tokoh dan pemimpin kharismatik Suku Arfak di Manokwari.
Dilahirkan di Manokwari, pada Hari Minggu tanggal 11 November 1962.

VISI – MISI PRIBADI

Visi-Misi 139 Comments »

Sebagai seorang manusia Ciptaan Allah Sang Khalik Alam Semesta, maka sepatutnya setiap manusia yang dihadirkan di dunia ini hendaknya punya Visi - Misi. Didalam diri setiap orang harusnya memiliki Visi diri, hendak menjadi apa di dunia ini bagi ciptaan Allah yang dipercayakan kepadanya, memiliki Misi apa yang harus dibuat mengisi alam semesta dimana ia berdiam, ke arah mana dan apa yang harus dikaryakan untuk sesamanya. Bukan hanya organisasi atau sebuah kelembagaan yang dibentuk saja yang dibuatkan visi-misinya, justru yang paling penting dan menentukan oraganisasi itu sukses adalah visi-misi diri setiap individu yang ada di dalam orgtanisasi yang bersangkutan. Atas dasar pemikiran ini lahirlah Visi dan Misi pribadi saya, yang saya rumuskan pada tahun 2005 yaitu tahun ke – 3  saya bekerjadan di Pemerintah Provinsi Papua Barat memimpin Biro Kepegawaian. Sesungguhnya rumusan itu baru dilakukan tahun 2005, namun praktek dari visi dan misi ini telah saya lakukan, dan inilah rumusannya : 

  Read the rest of this entry »

MASYARAKAT PAPUA MEMBUTUHKAN PEMIMPIN YANG BERPRILAKU BAIK

Artikel 108 Comments »

Masyarakat asli Papua akan mengalami perubahan hidupnya, berkembang dan maju menuju hidup sejahtera selain ditetukan oleh ” budaya kerja dan prilakunya sendiri ” tentunya ditentukan pula oleh budaya kerja dan prilaku para pelaku birokrasi pemerintahan yakni pegawai negeri khususnya pegawai negeri sipil. Oleh karena itu teladan pimpinan / kepala adalah sangat penting dan menentukan baik buruknya prilaku pegawainya. Pimpinan tidak boleh hanya bicara tanpa membri teladan. Read the rest of this entry »

PROVINSI PAPUA BARAT DIMOTIVASI OLEH GUBERNUR UNTUK TAMPIL BEDA

Artikel 60 Comments »

      Provinsi Papua Barat merupakan Provinsi kedua di Tanah Papua, selalu dimotivasi oleh Gubernur agar provinsi ini tampil beda. Tampil beda yang dimaksudkan Gubernur bukanlah hanya dalam hal berpakaian atau gaya yang aneh-aneh, melainkan dalam seluruh pola pelayan yang dilakukan oleh para pegawai negeri sipil dalam tugasnya setiap hari, tidak sekedar ikut arus. Read the rest of this entry »

KENALILAH DAN GUNAKAN KESEMPATAN UNTUK MAJU

Artikel Comments Off

Berencanalah dan carilah kesempatan untuk anda maju dan perluaslah kegiatan anda. Pikiran apa saja yang masih dibutuhkan serta bidang apa saja yang dikembangkan. Perluas dukungan teman / rekan kerja ( sistem komperatif ) sebab tak ada salahnya bila dinasehati rekan seprofesi. Buatlah ramalan ( forecasting) dan kembangkanlah beberapa rencana, proyek dan kegiatan, perkirakan akibat dan resikonya. Read the rest of this entry »

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Masuk log